cara merawat gigi dan mulut

fisikawan24 - sekarang kita akan membahas cara merawat gigi, tahukah bahwa gigi ini merupakan organ yang sangat penting bagi kita. bayangkan saja jika hidup ini tanpa gigi gimana kita mau makan dan mengunyah. penting bagi kalian untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak rusak atau berlubang. sering kali gigi ini di lupakan untuk membersihkannya padahal mulut merupakan pintu masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Dengan lebih dari 90% materi yang masuk tubuh kita melalui mulut, tak heran jika kita perlu menjaga kebersihan mulut dan gigi yang tak lain adalah jendela menuju hidup sehat.Gigi juga bisa memberikan pengaruh pada kesempurnaan penampilan sehingga patut untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya. Namun jika sudah terjadi masalah pada gigi, Anda harus melakukan perawatan yang lebih intensif lagi. Terlebih jika gigi Anda telah terlanjur berlubang dan terasa nyeri sesekali, makanya jangan melupakan kesehatan gigi.
Bukan Cuma lidah yang bisa menikmati bagaimana rasanya makanan tapi gigi dan gusi turut ikut serta merasakan apa yang sedang kita kunyah. Dari keadaan ini kita melihat saja seperti orang tua yang sudah tanpa gigi atau meski masih muda yang gigi nya sudah keropos dan sudah lepas, lalu diganti dengan gigi palsu. Maka apa yang dirasakan mereka saat mereka mengunyah makanan pasti terjadi adalah kenikmatan dan kelezatan makanan tersebut akan hambar. Nikmatnya Beda dengan gigi yang masih berfungsi secara normal dan sehat. Di bawah ini ada cara merawat gigi dan menjaga gigi :

1.    Menghindari sejumlah makanan
Dalam cara perawat gigi berlubang, diketahui beberapa macam makanan yang ternyata dapat memicu kambuhnya rasa nyeri saat Anda memiliki satu atau beberapa gigi berlubang. Makanan yang terlalu dingin atau panas, manis ataupun makanan yang berbumbu terlalu pekat seperti makanan bersantan dan lain sebagainya. Jika Anda merasakan ngilu atau nyeri yang bersifat kambuhan disekitar mulut atau rahang, coba periksa keadaan gigi Anda dengan melihat di kaca kamar mandi ataupun kaca rias. Jika Anda mendapati lubang pada gigi, maka segera hindari beberapa jenis makanan tersebut sebagai bentuk perawatan gigi berlubang agar nyeri yang terasa tidak lebih hebat dibandingkan yang Anda rasakan saat ini.

2.    Jadikan bagian dari rutinitas
Jadikan menggosok gigi sebagai bagian dari rutinitas wajib, setelah makan atau setidaknya pagi dan malam sebelum tidur. Gigi berlubang mungkin saja diakibatkan karena Anda sering melupakan jadwal menggosok gigi minimal 2 kali sehari yang wajib dilakukan. Oleh karena itulah, anjuran untuk mencegah bertambah parahnya lubang yang bisa bertambah lembar adalah dengan secara rutin menggosok gigi. Bahkan, nyeri ketika gigi berlubang dapat dicegah dengan menggosok gigi secara rutin. Terdapat beberapa orang yang menggunakan cara merawat gigi berlubang yang mulai nyeri dengan sesegera mungkin menggosok gigi. Biasakanlah mulai dari sekarang untuk menggosok gigi secara rutin setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

3.    Jangan terlalu sering
Menggosok gigi 2-3 kali sehari sebagai cara merawat gigi adalah jumlah yang ideal. Tetapi menggosok gigi lebih dari 3 kali sehari dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi. Jadi jangan berpikiran jika sering menggosok gigi itu lebih sehat, lebih baik gosok gigi secukupnya dan sesuai aturan saja.

4.    Segera mengganti sikat gigi
Jangan tunggu sikat gigi Anda mekar. Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Pilih sikat gigi berbulu lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi

5.    Menggunakan benang gigi
Manfaatkan benang gigi digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi dari kotoran yang menyangkut pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau menggunakan sikat, sebaiknya dilakukan paling tidak sekali dalam sehari. Kotoran sangat mudah menyelip dalam sela-sela gigi dan jika tidak di bersihkan lama kelamaan akan menjadi karang gigi.

6.    Minum air putih setelah makan
Rajin meminum air putih akan sangat baik bagi gigi.berlubang anda. Air putih bisa memberikan kenetralan pada gigi dan menghilangkan bakteri yang singgah pada gigi anda. Langkah merawat gigi berlubang agar terhindar dari bau mulut akibat gigi berlubang, Anda bisa sering-sering membasahi mulut . Hal ini akan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau mulut akibat gigi berlubang.

7.    Hindari Kebiasaan Mer0k0k
Jika Anda ingin memiliki gigi yang putih sebiaknya hindari kebiasaan mer0k0k karena kebiasaan mer0k0k akan membuat gigi Anda menjadi bernoda, biasanya noda yang ditimbulkan berupa noda-noda kecoklatan yang cukup sulit untuk dihilangkan. Selain itu kebiasaan mer0k0k akan membuat gusi menjadi berwarna lebih gelap.

Sekian dari kami fisikawan24 semoga tips menjaga kesehatan gigi ini dapat membantu kalian agar gigi kalian tidak mudah rusak dan keropos. Terimakasih


Tags : gigi anak, mulut dan gigi , kebersihan gigi, merawat gigi, artikel kesehatan gigi

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

3 Responses to "cara merawat gigi dan mulut"