ternyata WORTEL tidak bisa menyembuhkan MINUS MATA ??

hai kawan kawan fisikawan24 apa kalian tau bahwa mengonsumsi wortel itu tidak bisa menurunkan mata minus. masyarakat percaya bahwa khasiat wortel yang kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kita.

pada zaman sekarang anak-anak muda sudah banyak yang minus mungkin terlalu bnyak nya melihat televisi, gadget, komputer dan masih bnyak lagi. yang bisa membuat mata kita menjadi lelah dan akhirnya menjadi minus kawan
seperti halnya lensa yang ada pada kamera yang sudah buram atau tidak fokus. meski dari film yang berkualitas tetap saja rekaman gambar juga tidak sempurna atau gambarnya buram. dr. Hadi Prakoso W., “Orang menganggap vitamin A berperan dalam fungsi penglihatan manusia, tapi sebenarnya vitamin A lebih banyak berperan pada metabolisme sel-sel saraf yang ada di retina. Jadi, banyak makan wortel pun tidak dapat mencegah jumlah minus, plus, atau silinder lensa kacamata anak,” dari jakarta eye centre.
bnyak juga yang beranggapan bahwa kacamata tidak boleh dipakai terus menerus karena akan memperparah minus. sama dengan kalau kacamata harus selalu dipakai agar minus tidak bertambah lagi. dijelaskan oleh dr. hadi prakoso

Dalam wortel mengandung beberapa jenis senyawa termasuk vitamin A yang bagus dalam menjaga kesehatan mata. asumsi ini juga dibantah oleh dokter ahli ophtalmologi dari RS JEC, Tjahjono D. Gondhowiardjo. Menurutnya, khasiat wortel hanya berguna untuk membantu kerja retina. "Wortel adalah pro vitamin A. Mata kita buat melihat itu butuh vitamin A. Vitamin untuk membuat bagian retina bekerja," kata Tjahjono pada CNN Indonesia.

ORGAN MATA bisa diibaratkan kamera. Bola mata yang terdiri atas kornea mata dan lensa mata merupakan bagian sistem optik yang cara kerjanya sama dengan sistem optik di kamera. Sementara retina yang berfungsi sebagai sensor pada mata bisa dianalogikan sebagai film yang dipasang dalam kamera. Imej semua benda yang dilihat mata, akan difokuskan di retina.

Nah, bila konstruksi bola matanya mengalami ketidaksempurnaan, seperti lensanya tidak sempurna atau tidak sesuai dengan keseluruhan konstruksi bola mata maka fokus bisa jatuh di depan retina atau di belakang retina. Akibatnya mata anak tidak bisa memfokuskan imej benda-benda yang dilihatnya atau disebut refraksi. Kelainan refraksi tak memandang usia, bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa.


menurut tjahyono yang pernah di kutip pada CNN indonesia bahwa minus yang terjadi pada mata bukan disebabkan kerja mata yang tidak optimal, tetapi adanya perubahan bentuk pada bola mata. "Waktu kita bicara mata minus itu bicara bentuk bola mata," wortel tidak bisa menyembuhkan mata minus karena khasiat wortel tidak bisa digunakan untuk mengubah bentuk bola mata. Tjahjono pun menambahkan, hanya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasikan penglihatan akibat minus, yaitu pemakaian kacamata, lensa kontak, penanaman lensa melalui jalur operasi, atau bisa juga disembuhkan dengan cara lasik.Minus mata ternyata juga tidak bisa dihindari. Namun, Tjahjono menjelaskan, jika bisa membiasakan mata dalam kondisi optimal dan tidak dipaksa untuk bekerja keras, bisa membantu mengurangi kemungkinan mata minus.

cara menghindari mata minus itu da beberapa cara yaitu
1. hindari membaca dengan jarak dekat
2. hindari membaca saat pada kendaraan yang berjalan dan bergoyang karena aspal yang tidak rata
3. janga melihat tv dan terlalu over nge game
4. janga melihat hp dan layar komputer di tempat yang gelap dan terlalu lama

itu semua akan membuat mata kita lelah dan menjadi minus pada mata

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

6 Responses to "ternyata WORTEL tidak bisa menyembuhkan MINUS MATA ??"

  1. wortel kayaknya cuma untuk menjaga kesehatan mata , bener gak min ?

    ReplyDelete
  2. iya gan karena di dr oz dan cnn indonesia udah membuktikannya
    klo wortel hanya untuk kesehatan bukan minus mata

    ReplyDelete
  3. wah susah juga kalo harus jauh dari komputer :3

    ReplyDelete
  4. hehe iya gan krn mata juga butuh istirhat

    ReplyDelete