orang MADURA dan JEPANG tidak Kenal warna HIJAU


Warna Hijau di JEPANG
sobat fisikwan24 Karena warna hijau oleh masyarakat Jepang dianggap warna kesialan. Sedangkan warna keberuntungan adalah merah dan putih. Seperti bendera Indonesia, Berarti Indonesia negara yang beruntung

Jangan dikira Jepang tidak mempunyai warna hijau. Karena warna hijau tetap bisa kita temukan di Jepang namun hijau sering kali di baurkan dengan warna-warna lain. Warna “hijau” sebagai warna dasar adalah hal yang sangat tidak lazim atau aneh. Jarang sekali orang melihat sebuah kendaraan berwarna hijau, meskipun hal ini pelan-pelan mulai berubah. Dalam beberapa banyak kasus, kata “Midori” atau hijau diganti dengan kata “Ao” yang artinya biru.


Warna Hijau di MADURA
 Salah satu tekanan yang merendahkan (inferior) terhadap orang Madura adalah pernyataan bahwa Bahasa Madura tidak mengenal kosa kata yang sepadan dengan “hijau”. Dalam bahasa ini, hijau ditulis/dilafalkan “bhiru”.

Meskipun dalam Bahasa Madura ada kosa kata ejuh (ijo), namun umumnya selalu digandengkan dengan kata yang lain dan membentuk frase, baca juga CFC dan HCFC misalnya “nyior eju” (kelapa [berwarna] hijau), “kacang eju” (kacang ijo), dan sebagainya. Penggunaannya pun sangat terbatas serta tidak lazim jika digunakan secara mandiri (eju).
Ada alasan diajukan: “bhiru” (dibaca tebal dengan “h”) yang dalam Bahasa Madura berarti hijau tidaklah sama dengan “biru” (dalam Bahasa Indonesia). Secara kebetulan saja pengucapannya hampir sama tetapi maknanaya berbeda.

sama halnya dengan bhs inggris, seperti pegucapan

RED = MERAH (bhs indonesia)
GREEN = HIJAU (bhs indonesia)
BLUE = BIRU (bhs indonesia)
nah apakah dengan begini orang inggris tidak punya warna merah,hijau dan biru?

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

4 Responses to "orang MADURA dan JEPANG tidak Kenal warna HIJAU"

  1. Orang Madura bilangnya biru daun ...

    ReplyDelete
  2. lha, baru tahu ane.. ^_^
    lucu juga.. :)

    ReplyDelete
  3. Orang madura gk mau ribet. Klo bisa warna cuman 4 warna. Mirah bhiru. Hitam putih

    ReplyDelete