Mengenal Penyakit Disleksia


Banyak orang yang menganggap bahwa disleksia dapat memengaruhi tingkat inteligensi atau kecerdasan penderitanya, tapi anggapan ini tidaklah benar. Anak dengan tingkat kecerdasan baik rendah maupun tinggi, bisa menderita disleksia. Disleksia adalah salah satu jenis gangguan atau kesulitan belajar yang umumnya memengaruhi kemampuan membaca serta pengejaan seseorang.
Penyebab dan Gejala Disleksia



Penyebab disleksia belum diketahui secara pasti. Para pakar menduga faktor keturunan atau genetika berperan di balik gangguan belajar ini. Seorang anak memiliki risiko menderita disleksia jika orang tuanya menderita gangguan yang sama.

Gejala-gejala dalam disleksia sangat bervariasi dan umumnya tidak sama untuk tiap penderita sehingga sulit dikenali, terutama sebelum sang anak memasuki usia sekolah. Ada beberapa gen keturunan yang dianggap dapat memengaruhi perkembangan otak yang mengendalikan fonologi, yaitu kemampuan dan ketelitian dalam memahami suara atau bahasa lisan. Misalnya membedakan kata “paku” dengan kata “palu”.

Selain masalah pada kepekaan fonologi, gejala disleksia juga bisa 
berupa hal-hal berikut:

1. Kurang memori verbal untuk mengingat urutan informasi secara lisan dalam jangka waktu singkat, semacam perintah singkat seperti menaruh tas dan kemudian mencuci tangan.

2. Kesulitan dalam mengurutkan dan mengucapkan sesuatu dalam kata-kata, misalnya urutan angka, menamai warna-warna, atau benda.

3. Kesulitan memroses informasi lisan, misalnya saat mencatat nomor telepon atau didikte.

4. Pada balita, disleksia dapat dikenali melalui perkembangan bicara yang lebih lamban dibandingkan anak-anak seusianya dan membutuhkan waktu lama untuk belajar kata baru. Misalnya keliru menyebut kata “ibu” menjadi kata “ubi”. Kesulitan menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan diri dan kurang memahami kata-kata yang memiliki rima.


Indikasi disleksia biasa akan lebih jelas ketika anak mulai belajar membaca dan menulis di sekolah. Anak Anda akan mengalami beberapa kesulitan seperti:

  1. Sulit memroses dan memahami apa yang didengarnya.
  2. Lamban dalam mempelajari nama dan bunyi abjad.
  3. Sering salah atau terlalu pelan saat membaca.
  4. Sulit mengingat urutan, misalnya urutan abjad atau nama hari.
  5. Sulit mengeja, misalnya huruf “d” sering tertukar dengan huruf “b”.
  6. Cara baca yang terbata-bata atau sering salah.
  7. Kesulitan mengucapkan kata yang baru dikenal.
  8. Lamban dalam menulis, misalnya saat didikte atau menyalin tulisan.
  9. Memiliki kepekaan fonologi yang rendah.
  10. Karena sulit dikenali, gejala-gejala disleksia juga ada yang baru disadari setelah penderita beranjak remaja bahkan dewasa. 

Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kesulitan membaca dan mengeja.
  2. Kesulitan menyalin catatan serta membuat karya tulis, misalnya makalah atau laporan.
  3. Sering tidak memahami lelucon atau makna bahasa kiasan, misalnya istilah “otak encer” yang berarti pintar.
  4. Kesulitan untuk mengatur waktu, misalnya tenggat waktu dalam tugas.
  5. Kesulitan mengingat hal-hal yang berurutan, misalnya nomor telepon.
  6. Cenderung menghindari kegiatan membaca dan menulis.
  7. Kesulitan berhitung.
  8. Jika Anda mencemaskan perkembangan kemampuan membaca dan menulis anak Anda yang terasa lambat, hubungilah dokter. Terutama jika Anda mengenali gejala-gejala disleksia lain yang dialami anak Anda.
  9. Diagnosis dan Penanganan Disleksia
  10. Sebelum ke dokter atau spesialis, Anda sebaiknya mencari tahu tentang kelebihan serta kekurangan dalam kemampuan anak lebih dulu. Proses ini dapat dilakukan melalui permainan, misalnya puzzle gambar. Jika memungkinkan, Anda juga dapat meminta bantuan dari guru sekolah seperti meminta guru untuk memberikan program remedial.

Disleksia cenderung sulit untuk dideteksi karena gejalanya yang beragam. Diagnosis gangguan ini membutuhkan penilaian dari banyak faktor. Di antaranya:

1. Riwayat, perkembangan, pendidikan, dan kesehatan anak.
Keadaan di rumah.

2. Pengisian kuesioner oleh anggota keluarga serta guru sekolah.
Tes untuk memeriksa kemampuan memahami informasi, membaca, memori, dan bahasa anak.

3. Pemeriksaan penglihatan, pendengaran, dan neurologi anak untuk menghapus kemungkinan adanya penyakit atau gangguan lain yang menyebabkan gejala-gejala yang dialami.

4. Tes psikologi untuk memahami kondisi kejiwaan anak dan menghapus kemungkinan adanya gangguan interaksi, kecemasan, atau depresi yang dapat memengaruhi kemampuannya.

5. Setelah hasil diagnosis disleksia sudah pasti, dokter akan menganjurkan penanganan yang sebaiknya dijalani. Disleksia memang tidak bisa disembuhkan, tapi pendeteksian dan penanganan dini terbukti sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan penderita, khususnya membaca.

6. Salah satu bentuk penanganan yang dapat membantu penderita disleksia adalah pendekatan dan bantuan edukasi yang lebih. Penentuan jenis intervensi yang cocok biasanya tergantung pada tingkat keparahan serta hasil tes psikologi penderita.

7. Bagi penderita disleksia anak-anak, penelitian menunjukkan bahwa intervensi edukasi paling efektif jika diberikan sebelum anak mencapai usia delapan tahun. Jenis intervensi yang paling membantu dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis adalah intervensi yang berfokus pada kemampuan fonologi. Intervensi ini biasanya disebut fonik.

8. Penderita disleksia juga akan diajari elemen-elemen dasar seperti belajar mengenali fonem atau satuan bunyi terkecil dalam kata-kata, memahami huruf dan susunan huruf yang membentuk bunyi tersebut, memahami apa yang dibaca, membaca bersuara, dan membangun kosakata.

9. Selain dengan intervensi edukasi, orang tua juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan anak. Langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membacakan buku yang menarik minat anak. Kegiatan ini dapat Anda lakukan lebih dari sekali agar anak dapat terbiasa dengan teks dalam buku. Menyemangati dan membujuk anak untuk membaca buku, lalu mendiskusikan isinya bersama-sama akan berguna.

10. Orang tua juga dianjurkan untuk tidak mencela saat anak melakukan kesalahan dalam membaca sehingga kepercayaan diri anak juga dapat dibangun.

11. Intervensi edukasi tidak hanya berguna bagi penderita disleksia anak-anak, tapi juga untuk penderita remaja dan dewasa dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis mereka. Di samping itu, melibatkan bantuan teknologi seperti program komputer dengan perangkat lunak pengenalan suara juga umumnya dapat bermanfaat.

12. Penanganan disleksia membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Karena itu, keluarga serta penderita dianjurkan untuk bersabar menjalaninya. Dukungan serta bantuan dari anggota keluarga serta teman dekat akan sangat membantu.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Mengenal Penyakit Disleksia"

  1. If you would like an alternative to randomly flirting with girls and trying to find out the right thing to say...

    If you would prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded pubs and restaurants...

    Then I urge you to watch this eye-opening video to unveil a shocking secret that has the potential to get you your own harem of attractive women just 24 hours from now:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM!!!

    ReplyDelete