Apa itu peristiwa Equinox

 Equinox adalah sebuah fenomena astronomi di mana Matahari melintasi garis Khatulistiwa. Secara periodik, fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun.Equinox berasal dari bahasa latin yang memiliki arti malam yang sama panjang. Pada saat fenomena equinox ini terjadi, durasi siang dan malam cenderung menjadi sama di seluruh belahan dunia. Namun pada fenomena equinox ini, matahari mengalami posisi terdekat dengan bumi, dan hal ini dipercaya dapat menyebabkan peningkatan suhu bumi hingga mencapai 40° C atau lebih. kawan fisikawan24 menyarankan agar orang-orang tetap berada di dalam ruangan pada saat tengah hari dan meminum 3 liter air untuk menghindari dehidrasi dan heat stroke.

Equinox merupakan fenomena yang terjadi dua kali dalam setahun ketika sumbu bumi tidak terinklinasi terhadap matahari dan pusat matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa bumi. Nama Equinox berasal dari bahasa latin aequus yang berarti sama dan nox yang bermakna malam. Karena selama equinoks panjang siang dan malam sama(sumber wikipedia). Equinox adalah peristiwa di mana matahari akan berada tepat di atas kepala pada tengah hari. Hal tersebut mengakibatkan suhu lebih tinggi terjadi pada siang hari(diambil dari sumber-sumber lain).


Heat stroke adalah keadaan di mana terjadi kenaikan suhu tubuh hingga 40°C atau lebih yang diakibatkan oleh meningkatnya suhu lingkungan. Pada keadaan ini, tubuh gagal mengatur suhunya untuk tetap normal. Heat stroke merupakan masalah kesehatan dan tak jarang dapat mengancam jiwa penderitanya.kejadian ini dapat terjadi di daerah mana pun yang mengalami peningkatan suhu ekstrim. Orang yang bekerja di bawah sinar matahari dalam waktu lama olahragawan/orang yang suka berolahraga merupakan yang paling sering berpotensi untuk menderita heat stroke. heat stroke juga dapat terjadi pada kebiasaan memasuki mobil yang terparkir lama di bawah sinar matahari tanpa menunggu suhu di dalam mobil untuk turun terlebih dahulu. Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan, suhu di dalam mobil yang terpakir di bawah sinar matahari dapat mencapai hingga 49° C

Fenomena equinox yang akan melanda Indonesia di klaim tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang berarti bagi masyarakat. Namun, tidak ada salahnya mengenal kondisi di mana sengatan panas berlebihan ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Dan alangkah baiknya kita berjaga-jaga, mengingat belakangan ini suhu di Indonesia cenderung mengalami peningkatan secara drastis, dan dalam kondisi tertentu bukan tidak mungkin kita dan keluarga maupun orang di sekitar kita mengalami gejala heat stroke.


Momen durasi malam dan siang yang persis sama 12 jam disebut equilux. Istilah ini untuk membedakan dengan Equinox, karena momennya berlangsung tidak bersamaan. Equilux muncul beberapa hari sesudah atau sebelum Equinox, tergantung lokasi dan jenis Equinox-nya. Pada Equinox Maret, biasanya equilux akan hadir lebih dulu, tapi pada Equinox September, momen ini akan muncul belakangan. Fenomena Equinox tak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara dratis. Dan sebetulnya suhu rata-rata maksimal di wilayah Indonesia adalah 32-36 derajat celcius. Lagipula Equinox ini tak seperti gelombang panas di Afrika dan Timur Tengah yang bisa membuat peningkatan suhu udara secara besar dan berlangsung lama," jelas Yunus S Swarinoto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Apa itu peristiwa Equinox"

Post a Comment