KEAJAIBANNYA GAYA SENTRIPETAL


fisikawan24 Gaya sentripetal adalah gaya yang membuat benda untuk bergerak melingkar. Gaya ini bukan merupakan gaya fisis, atau gaya dalam arti sebenarnya, melainkan hanya suatu penamaan atau penggolongan jenis-jenis gaya yang berfungsi membuat benda bergerak melingkar. Bermacam-macam gaya fisis dapat digunakan sebagai gaya sentripetal, antara lain gaya gravitasi, elektrostatik, tegangan tali, gesekan dan lainnya. Istilah sentripetal berasal dari kata bahasa Latin, yaitu centrum ("pusat") dan petere ("menuju arah"), yang berarti menuju arah pusat lingkaran.


sobat fisikawan24 kita jumpai pada olahraga balap sepeda penerapan gaya sentrifugal. Biasanya penerapan gaya sentrifugal ini dapat kita lihat ketika para pembalap berada ditikungan. Dimana ketika mereka berada ditikungan mereka mencondongkan sepeda mereka kearah pusat putaran. Inilah yang merupakan usaha yang dilakukan oleh para atlet untuk mengeliminasi gaya sentrifugal ini.

Makin pendek jari-jari lintasnnya maka pengaruhnya juga semakin besar, dan usaha untuk mencondongkan sepeda pun juga akan semakin besar. Bila jari-jari yang kecil tidak ada usaha untuk mencondongkan sepeda maka sepeda tersebut akan terpental dari lintasan. Ada yang berpendapat bahwa untuk mengurangi gaya sentrifugal dapat dilakukan dengan mengurangi kecepatan, ini adalah pendapat yang benar akan tetapi didalam dunia olahraga ini tidak tepat karena didalam olahraga yang dinilai adalah waktu, semakin sedikit waktu yang diperoleh maka hasilnya akan semakin baik jadi bila ada pengurangan kecepatan maka akan berpengaruh terhadap perolehan waktu.

PERCOBAAN

Nah, sekarang ayo kita sedikit “bermain-main” dengan percobaan yang melibatkan gaya sentripetal ini!

Alat  dan bahan:

    Botol aqua
    Tali rafia
    Air

Cara membuat:

    Potong Botol Aqua menjadi 2 bagian atas dan bawah. Kita memakai bagian bawah botol. Kemudian pasang tali pada kedua sisi botol.
    Isi dengan air sampai penuh.
    Ikat bagian tengah tali seperti berikut

Putar botol aqua dengan cara mengayun pada ujung tali.
Lalu mulailah putar tali dan gelas secara kuat



Ajaib, air di dalam gelas tidak tumpah
Apa yang Terjadi?

Jika sebuah benda bergerak, maka ia memiliki kecepatan dan arah. Setiap benda cenderung bergerak dalam arah yang tetap kecuali ada gaya lain yang mempengaruhinya.

Misalnya, jika kita menggelindingkan bola pada bidang yang datar tanpa sudut, maka bola itu akan bergerak dalam arah yang lurus.baca juga anomali air seperti es batu mengapung

Pada percobaan kita, gelas yang berisi air pun sebenarnya akan bergerak lurus. Akan tetapi, gerak lurus itu dipengaruhi oleh gaya pada tali ke arah pusat putaran (tangan kita). Akibatnya arahnya berubah hingga membuat pola lingkaran. Gaya yang terjadi pada tali dan mengarah ke pusat putaran kita kenal dengan nama gaya centripetal. Gaya inilah yang menjaga air berada pada wadahnya.

Contoh penerapan gaya sentripetal yang lain adalah wahana putar, halilintar dan ontang-anting.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "KEAJAIBANNYA GAYA SENTRIPETAL"

Post a Comment